Antisipasi Penyebaran Wabah Corona, Pemkab Way Kanan Gelar Rapat.

0
44

BERITAINDONET.COM Way Kanan-Merebaknya wabah Corona atau Covid-19 Di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Bali dan sekitarnya membuat para aparatur pemerintah mulai tanggap akan penyebaran wabah tersebut. Apalagi, baru-baru ini diketahui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya dinyatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) positif terkena wabah yang menyerang saluran pernapasan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) kabupaten setempat Saipul didampingi Asisten 1 Bidang Pemerintah dan Kesra Selan dan Asisten 11 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kussarwono memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan terkait antisipasi penyebaran Virus Corona di Kabupaten Way Kanan, Senin (16/3).

Rakor dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Dinas Perhubungan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta perwakilan RSUD Zainal Abidin Pagar Alam.

Dalam penyampaiannya, Saipul mengatakan, bahwa Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) dapat bersama-sama menyusun langkah strategis yang cepat, tepat dan konkrit, guna mencegah penyebaran Virus Corona di Kabupaten Way Kanan.

“Setelah berhasil membuat langkah langkah strategi dalam bentuk Surat Edaran (SE), instruksi dan himbauan kepada masyarakat terkait dengan virus tersebut. Selanjutnya, akan dibuat Satuan Tugas (Satgas) untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran atau penularan dikalangan masyarakat khususnya di daerah Way Kanan, terkait virus yang statusnya sudah menjadi pandemi Ini,” kata Saipul menjelaskan langkah pemkab setempat.

Dirinya menambahkan, berdasarkan hasil Rakor tersebut, Bupati Way kanan Raden Way Kanan, melalui Surat Edaran Bupati Way kanan Nomor 360/214/V.05 – WK/2020 tentang pencegahan penularan Corona virus di sease (covid-19).

“Dimana dalam rangka pencegahan perkembangan dan penyebaran Virus Corona di Kabupaten Way Kanan menghimbau untuk kepala keluarga datang atau pulang, baik dari luar dan dalam negari untuk segera memeriksa kesehatannya di puskesmas terdekat (biaya gratis/red),” jelasnya.

Masih kata Saipul, bupati juga menghimbau harus melakukan langkah menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun dengan air bersih dan sediakan tisu atau lap tangan yang bersih, menyediakan toilet yang bersih dan nyaman.

“Masyarakat juga dihimbau agar mencukupi makanan yang sehat, contoh makanan sayur sayuran dan makanan yang mencukupi untuk kebutuhan dan daya tahan tubuh, intinya yang mengandung makanan empat sehat dan lima sempurna,” pungkasnya. (Ari/zim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here