Asik, Warga Binaan Lapas Kotaagung Bisa Gunakan What’s App

0
81

BERITAINDONET.COM Tanggamus – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung telah memiliki berbagai fasilitas untuk mempermudah warga binaan mereka, salah satunya dengan aplikasi berbasis Video Call WhatsApp untuk menghubungi keluarga mereka.

“Berbagai upaya dan terobosan terus dilakukan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat dan pihak keluarga,” Jelas Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung Beni Nurrahman.

Ia menambahkan, dengan ditetapkannya pembatasan lalu lintas kunjungan kepada warga binaan beberapa hari yang lalu untuk mengurangi tingkat resiko penularan virus corona atau COVID-19. Cara ini dinilai cukup efektif guna mengurangi jumlah pengunjung namun tak mengurangi hak dasar mereka.

“Kini Lapas Kotaagung memberlakukan layanan kunjungan berbasis teknologi menggunakan perangkat komputer, warga binaan bisa menghubungi keluarga dan bertatap muka langsung video call, yang di tempatkan pada ruang kunjungan sehingga bisa mempermudah pengawasan dalam penggunaannya,” kata dia.

Layanan Video Call ini sebagai upaya mempermudah komunikasi WBP Lapas Kotaagung dengan keluarga di samping tersedianya warung telepon (Wartelsuspas) yg sudah ada sebelumnya. Langkah ini juga untuk menindaklanjuti instruksi Plt. Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-08.OT.02.02 Tahun 2020 Tanggal 17 Maret 2020 Tentang Pencegahan, Penanganan, Pengendalian Dan Pemulihan Corona Virus Disease (Covid-19).

“Pada Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, layanan ini sebagai solusi kami dalam pemenuhan hak warga binaan untuk dikunjungi oleh keluarga,” terangnya.

Menurut Beni, dengan menggunakan dua perangkat komputer bisa mengakomodir 426 warga binaan, jajarannya juga sudah membuat skema kunjungan online untuk warga binaan agar bisa mengunakan video call .

“Video call ini gratis dan kita pastikan jangan ada diskriminasi, seluruh warga binaan Lapas Kotaagung silahkan mengunakan layanan ini dengan tertib,” ujar Beni. (bun/zim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here