Self Service Rutan Kelas I Bandar Lampung Terbukti Bermanfaat

1
22

BERITAINDONET.COM: Lampung, Informasi hak-hak warga binaan sekarang dianggap sebagai agenda penting. Rumah Tanahan Negara (RUTAN)  Kelas I Bandar Lampung telah memasang alat yang disebut Self Service, bertujuan mengetahui sejauh mana program pembinaan yang mereka jalankan, misalnya hak-hak warga binaan/rutan seperti remisi, PB (pembebasan bersyarat), dan hak lainnya yang didapat, guna terciptalah transparansi pembinaan berkelanjutan, dan terbukti bermanfaat.

Seperti disampaikan Kepala Rumah Tahanan Negara (KARUTAN) Bandar Lampung, Rony, mengatakan self service bertujuan transparansi pelaksanaan pembinaan bagi narapidana

“Sudah kami adakan dan terapkan bagi narapidaana dan keluarga; Tujuannnya agar baik keluarga maupun warga binaan dapat mengetahui sejauh mana program pembinaan yang mereka jalankan, dan apakah hak-hak mereka berbentuk remisi, PB dan hak lainnya telah di dapat atau belum,” tutur Rony beberapa hari lalu.

Dilanjutkan Rony, Warga Binaan dan Keluarga dapat juga mengetahui data diri yang diperlukan. Detail data diri tersebut bisa diakses pada alat self service yang telah terpasang. Ia mengatakan program perubahan ini akan terus dilaksanakan, guna pemenuhan hak-hak narapidana kedepan.

Setelah, pelaksanaan self service, respon positif pun banyak diterima, dan kalangan yang telah menikmati alat tersebut mengapresiasi, baik dari keluarga maupun Warga Binaan itu sendiri.

Indra Darmawan, salah satu narapidana, mengatakan menjadi motivasi dan semangat perubahan bagi dirinya sendiri ketika semua informasi semakin terbuka lebar “Sangat senang dengan adanya self service, sehingga saya dan kawan-kawan bisa mengecek kapan pulang, dapat remisi atau tidak, dan mengetahui program pembinaan yang kami lakukan; Menjadi motivasi tersendiri bagi saya dan kawan kawan, perubahan yang sangat baik, dan terbukti bermanfaat, terimakasih buat pemerintah” ucap Indra (Azwar Nero/R1)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here