Selama Belajar Online, Siswa Lebih Banyak Bermain Game Di Rumah

0
15


BERITA INDONET.COM Way Kanan: Ada kekhawatiran dalam peringatan Hari Anak Nasional di masa pandemi COVID-19 tahun ini. Anak-anak jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game di perangkat elektronik seperti ponsel dan komputer.


Tak bisa dihindari, pandemi COVID-19 mengakibatkan pemerintah membuat kebijakan pembatasan pada anak, seperti belajar jarak jauh dari rumah via daring, hingga menganjurkan agar anak tak bermain di luar bersama teman-temannya.
Suasana yang membosankan ini tak ayal membuat pelajar tidak memanfaatkan waktu belajar dengan baik. Bantuan paket internet yang diberikan pemerintah melalui dana BOS untuk belajar online, malah digunakan untuk bermain game online.
Ujarnya andi, sudah banyak orang tua siswa yang mengeluhkan hal tersebut, anaknya lebih sering bermain game ketimbang belajar. Bantuan paket internet yang diberikan ini banyak yang disalahgunakan untuk geme, (29/11).
“Kita maklumi hal tersebut, yang terpenting saat ini adalah keselamatan peserta didik yang harus diutamakan,” harapnya.
Joni menyebut ada potensi anak menjadi kecanduan bermain gawai dari kebijakan pembatasan selama wabah COVID-19. 

Saat anak telah menyelesaikan belajar secara daring, mereka butuh penyegaran pikiran dan mengisi waktu luang. Sementara, mereka tak bisa keluar rumah untuk bermain dan akhirnya bermain gawai untuk menghilangkan kebosanan.
“,Masalah anak keasyikan main game itu bisa diatasi oleh orang tua. Makanya, saat memperkenalkan kepada anak, orang tua harus kasih penekanan dulu bahwa perangkat tersebut hanya digunakan untuk belajar,” 
Selain itu, orang tua juga mesti mengajarkan anak untuk menerapkan protokol pencegahan COVID-19 karena pandemi belum usai masih ber kelanjutan sampai di tahun 2021 nati.
“Bapak-ibunya pertama mesti menerapkan protokol COVID-19 terlebih dahulu seperti rajin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, tidak keluar rumah kalau tidak mendesak. Nati nya anak akan contoh nya,”. tutup nya(Heriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here