Sawah Kebanjiran Petani Keluhkan Gagal Panen

0
40

BERITA INDONET.COM , Mesuji : Puluhan hektar sawah di Desa Sidang Sido Rahayu dan desa Sidang Muara Jaya Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji terancam gagal panen akibat terendam banjir. Padi yang baru ditanam sebulan lalu dan sedianya hendak dipanen menjelang  lebaran kini rusak. Harapan petani di wilayah tersebut seketika kecewa.

Lahan pertanian yang berada di pinggir jalan utama menuju kanal Muara Jaya itu tampak berubah layaknya danau. “Sudah biasa, persawahan di sini memang langganan banjir. “Namun Luapan air tahun ini sangat tinggi hingga kami tidak bisa berbuat apa lagi hanya bisa pasrah dengan keadaan berharap bantuan dari Dinas Pertanian Segeran turun kelapangan” kata Duwi (45) salah seorang petani di Desa Sidang Sido Rahayu, Jum’at (18/12/2020).

intensitas curah hujan yang tinggi sehingga air yang masuk ke persawahan menjadi meluap, saluran air yang ada di sekitar sawah pun tidak mampu menampung akibat tingginya debit air. “Lahan petani di sini yang terendam hampir 300 Hektar dan berharap penyuluhan serta bantuan benih padi dari Dinas pertanian kabupaten Mesuji segera turun kita” Ucap Duwi.

Achiri Kasi bidang Tanaman dan Pangan menyampaikan Sampai saat ini kami sudah berkoordinasi dengan kepala BP3K untuk mencari data real lokasi sawah yang terdampak banjir dan kondisi banjir sampai saat ini. Sebagai informasi di beberapa desa sudah melaporkan terdampak banjir hampir 300 ha. Namun ada yang masih tergenang dan juga ada yang mulai surut. Data pastinya kami masih menunggu dari BP3 K Rawajitu Utara dan penyuluh.

Selanjutnya angka tersebut akan kita usulkan untuk mendapatkan bantuan dalam bentuk bantuan benih ( jika ada ) Baik ke provinsi maupun pusat. Namun harus ada data yang sudah di legalitaskan oleh POPT  dalam bentuk data puso atau gagal panen Ini termasuk kategori bencana alam. Artinya tidak bisa kita prediksi sebelumnya.karena ditahun2 sebelumnya kalau pun ada banjir namun dalam beberapa hari sudah surut kembali ” Papar Achiri Kasi bidang Tanaman dan Pangan.(Steri Hananya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here