Jadi Begini!! Dalam 1 Menit, Hakim Ketua Surono Ketuk Palu Tutup Buka Sidang Dua Kali, Diduga Langgar Hukum Acara

0
240

BERITAINDONET.COM, Lampung: Penggugat dan Tergugat terlihat heran berbisik-bisik sesusai sidang di pintu luar sidang di Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Senin (16/11/2020). Sidang tersebut sidang Perdata antara Penggugat dan Para Tergugat dengan perkara Nomor 74.

Hakim Surono, Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang

David Sihombing mewakili sebagai Kuasa Penguggat dan Nuh Fadil, dkk sebagai Tergugat. “Tadi sudah ditutup,” ujar kuasa hukum Penggugat dalam sidang. “Ternyata Tergugat sekarang ada, sidang minggu depan, seminggu untuk kesimpulan Tergugat,” ujar Hakim ketua Surono dalam sidang.

Pada sidang yang sudah dibuka sekitar kurang lebih 1 menit sebelumnya, Tergugat mengatakan tidak membawa Kesimpulan karena ada informasi Kesimpulan dikirim saja lewat email. “Katanya lewat email, saya ga bawa,” ujar Tergugat.

Namun Hakim Ketua terlihat tanpa diskusi dengan anggota lainnya langsung menentukan putusan tanggal 30 November 2020. “Sidang putusan tanggal 30, sidang ditutup” ujar Hakim Surono mantan Hakim Tingkat Pertama pada Pengadilan Negeri Yogyakarta ini. Lalu satu menit setelahnya atau setelah Hakim Ketua keluar pintu ruang sidang, tiba-tiba Ketua Surono terlihat seperti berlari bergegas sembari  pegang palu sidang dan duduk di kursi tengah Majelis.

“Sidang tanggal 23 November 2020, kesimpulan dari Tergugat,” kata Hakim Ketua Surono. Dalam sidang hakim anggota terlihat bingung dengan keputusan yang diambil Hakim ketua yang juga mantan Ketua Pengadilan pada Pengadilan Negeri Pangkal Pinang ini.

Sementara kuasa hukum Penggugat usai sidang masih akan memastikan ke PP sidang kepastian kebenaran jadwal sidang, karena ditanya media kenapa terlihat bingung dan penuh pertanyaan. “Saya bingung, saya dah beres-beres berkas diketok, ga perhatikan, nanti saya tanya ja apakah benar jadwalnya seperti itu, jika begini ngeri juga, ini diduga melanggar hukum acara perdata, jika sidang tutup buka tidak jelas,” ujar david Sihombing kuasa hukum Penggugat.

Hakim ketua Surono ketika dikonfirmasi, mengatakan benar dirinya sudah sempat keluar setelah sidang pertama ditutup, tetapi terlihat masih ada para pihak di meja dan kelengkapan lainnya. “Itu kan demi persidangan cepat,” jawab Hakim Surono saat dikonfirmasi, Kamis (19/11/2020). (R.1.1)    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here