Hujan Deras Melanda Lampung Selatan , Ratusan Rumah Terendam Banjir Hingga 1 Meter

0
26

BERITA INDONET.COM , Lampung Selatan : Ratusan rumah di Dusun Kuala Jaya, Desa Bandar Agung, Sragi, Lampung Selatan, terendam banjir rob hingga setinggi 1 meter, Senin (16/11/2020) pagi.

Ketua RT 01 Dusun Kuala Jaya, Ahmad Rizal Jupri mengatakan banjir rob tersebut terjadi mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Hingga sekitar hampir 3 jam, banjir belum juga surut.

Menurut Rizal, ada ratusan rumah warga yang terendam di wilayah dusun setempat. Banjir rob terparah terjadi di RT 03, RT 07, dan RT 05 dimana ketinggian air hingga mencapai 1 meter. Sedangkan di RT 01, RT 02, dan RT 04, banjir setinggi berkisar 30-40 sentimeter.

“Perkirakan ada ratusan rumah warga yang terendam. Kejadian banjir rob mulai sekitar pukul 08.00 WIB. Sampai sekarang belum surut,” kata Rizal, saat dihubungi Lampung77.com, Senin (16/11/2020) siang.

Rizal mengatakan banjir rob yang melanda wilayah tersebut sudah sering terjadi. Bahkan, dalam setiap tahun bisa sampai dua hingga tiga kali terjadi. “Sudah sering, setahun kadang dua atau tiga kali,” ujarnya.

Ia mengatakan banjir rob yang paling parah biasanya terjadi pada periode Oktober hingga Maret. Dimana, dalam periode tersebut, intensitas hujan relatif cukup tinggi dan terjadi air laut pasang.

“Kalau di antara bulan Oktober sampai Maret itu terjadi pasang rob disertai dengan hujan sehingga banjir yang terjadi cukup besar,” ujar Rizal yang juga salah satu anggota Kampung Siaga Bencana bentukan Kementerian Sosial ini.

“Perhatian pemerintah kabupaten dan pemerintah provinsi belum maksimal. Sudah hampir 30 tahun tak tersentuh bantuan. Itu jalan utama kalau banjir rob, motor saja enggak bisa lewat,” keluhnya.

“Khusus di jalan lintas, harapan kami supaya jalan itu ditinggikan. Kami sudah beberapa kali lapor, baik ke anggota dewan dan bupati, tapi belum ada realisasi,” pungkasnya.(Rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here