Disnaker Bandar Lampung: Sanksi Pengusaha THR Bermasalah Hingga Denda

1
13

BERITAINDONET.COM (Lampung): Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandarlampung, Wan Abdurrahman akan membuka posko pengaduan terkait tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri 1440 H
para pegawai perusahaan swasta. Waktu Pengaduan dalam rentang waktu 23 Mei hingga 13 Juni 2019. Jika ditemukan masalah, maka ancaman untuk pengusaha berupa sanksi administratif hingga denda.  

Wan Abdurrahman, mengatakan keluhan para buruh pekerja di Kota Tapis Berseri, Dinas setempat menyiapkan posko pengaduan yang berada di Lantai Dua Gedung Mall Pelayanan Satu Atap. Ia mengatakan pada posko itu disiapkan blangko pengaduan. Terdapat tim yang akan memediasi dari pelapor dan telapor. “ Ini keseriusan kami menanggapi keluhan pekerja,” pungkasnya.

Menurut Kadisnaker ini, tindakan yang dilakukan sesuai surat edaran Kemenaker terkait pemberian THR bagi pegawai perusahaan swasta. Terdapat batas maksimal pembayaran THR oleh pihak perusahaan yakni 7 hari sebelum lebaran_ berikut dengan aturan pemberian jumlah besarannya sesuai masa kerja.

Laporan-laporan menurut dari pihak buruh terhadap perusahaan yang tidak memberikan THR sesuai aturannya akan ditindaklanjuti dengan membawa permasalahannya kepada pihak Pengawas Provinsi.

“Kami terima laporannya, sebab Pengawas Provinsi yang berhak memberikan sanksinya, kita hanya mediasi dan pendampingan” ujar Wan.

Wan menambahkan sanksi yang diberikan ke perusahaan yang tidak membayarkan THR biasanya bersifat administratif, namun dapat juga berupa denda apabila mereka tidak sama sekali menunaikan kewajibannya.

Sebelumnya Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN telah mengimbau para Pengusaha di Wilayahnya untuk memberikan THR tepat waktu sesuai surat edaran dari pusat. (Agus Sihotang/R1.1)

1 COMMENT

  1. Hello! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out
    and tell you I truly enjoy reading through your articles.
    Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same
    subjects? Thanks for your time!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here