Digugat: Ternyata Surat AJB Diduga Palsu Digunakan Mencairkan Uang Negara Puluhan Miliar, Diawali Indikasi Damai Rekayasa

9
326

BERITAINDONET.COM: Lampung, Suwardi Ibrahim melalui kuasa hukumnya menggugat Pemilik dan para pengguna Akta Jual Beli (AJB) terduga palsu di Pengadilan Negeri Sukadana, Lampung Timur dengan nomor perkara: 38/Pdt.G/2019/PN Sdn. Pasalnya AJB tersebut digunakan sebagai dasar perdamaian dan rencana damai untuk mencairkan uang Negara puluhan miliar tanpa adanya gugatan kontentiosa di Pengadilan Negeri.

Salah satu Tergugat bernama Samingun, Pekerjaan: Pegawai Negeri Sipil, beralamat: Dusun I, RT:002, RW:001, Desa/Kelurahan Bungkuk, Kecamatan Marga Sekampung, Kabupaten Lampung Timur-Provinsi Lampung. Samingun tertera dalam  data Akta Jual Beli terduga palsu sebagai pemilik tanah dalam AJB dengan nama-nama tanah berbatasan pemilik tanah dalam AJB diduga jelas rekayasa.

David Sihombing menjelaskan juga menarik pihak berbatasan dalam AJB tersebut yakni tiga orang bernama Kartono, Syaiful Anwar, dan Aliuddin untuk bahwa Kartono, Syaiful Anwar, dan Aliuddin tidak pernah memilik tanah dan menghaki tanah sesuai batas-batas AJB  nomor: 244/Agr/81 tertanggal 22 November 1988.

“Dan untuk membuktikan bahwa Kartono, Syaiful Anwar, dan Aliuddin tidak benar atau tidak pernah sebagai pemilik tanah berbatasan, maka para pihak Cs ditarik sebagai Pihak.” Ujar David Sihombing, Kamis (19/9/2019)

David mengatakan pengajuan gugatan atas petunjuk ketua Pengadilan Negeri Sukadana saat ditemui. “Saya pernah bertemu Ketua Pengadilan, dia mengatakan agar mengajukan gugatan jika merasa berhak biar berhenti pencairan,” kata David

Selain menarik terduga pemilik AJB terduga palsu sebagai pihak, juga menarik kepala BPN Lampung Timur sebagai pihak, untuk membuktikan penggunaan surat terduga palsu tersebut.

“Dalam data kan para pengguna terduga surat palsu dikuasakan kepada Jaksa bernama Dicky Zaharuddin, dan menyerahkan berkas ke BPN, jadi jaksa itu tidak digugat karena hanya sebagai kuasa, “ kata kuasa hukum Suwardi ini.

Keheranan yang muncul kata David Sihombing ketika nama-nama berbatasan dalam AJB tidak pernah sebagai pemilik tanah tersebut.

“Dalam gugatan itu saya jelaskan cara lawan dengan terlebih dahulu para pihak membuat surat terduga palsu dan mengklaim sebagai pemilik objek tanah yang sama/lokasi sama menggunakan dua surat, lalu pura-pura damai tanpa gugatan sengketa kepemilikan di pengadilan. Apakah mungkin dua surat sengketa bisa damai tanpa putusan pengadilan, apalagi masih ada klien saya sebagai pihak yang mengklain pemilik ? Jika ada dua surat harus ada pembuktian pengadilan,” tegasnya

Hal yang sangat perlu kata David, Penggugat sebagai salah satu pihak yang masuk bersengketa yang ditandatangani Kepala BPN Lampung Timur bernama Mangara Manurung dan PPK Irigasi dan Rawa II SNVT Mesuji Sekampung BBWS Mesuji Sekampung Agus Heru Sudarmanto tertanggal 25 Pebruari 2019. Surat tertanggal 25 Pebruari 2019 tersebut berjudul Berita Acara Objek Pengadaan Tanah Yang Akan Diberikan Ganti Kerugian Masih dipersengketakan Kepemilikannya dengan nomor141/12-18.07/II/2019 dan telah diserahkan oleh Balai Besar ke Polda Lampung.

“Namun nama Klien saya tidak pernah dijadikan atau disebut masuk dalam penetapan Konsinsiasi bahwa Penggugat adalah Pihak bersengketa di Pengadilan. Jadi arah kami dalam perdata ini ke BPN, Cs, bukan Balai Besar/Kuasa Bayar dana negara, karena setelah uang dikonsiniasi/dititip di Pengadilan, yang berperan adalah BPN dan para pihak yang mengklaim atau pengguna surat dan segala akibat hukum penggunaan surat itu kami minta dibatalkan, termasuk pihak ketiga yang memperoleh ha katas penggunaan surat terduga palsu itu agar batal demi hukum” imbuh David

Kepala BPN Lampung Timur dan pihak lainnya ketika dikonfirmasi tidak satupun yang dapat dihubungi. (M. Julian/R.1)      

9 COMMENTS

  1. Thanks for another informative web site. The place else could I get that kind of information written in such an ideal way?
    I’ve a venture that I’m simply now running on, and I’ve been on the glance out for such information.

  2. Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere?
    A design like yours with a few simple tweeks would really make
    my blog stand out. Please let me know where you got your theme.
    Thanks a lot

  3. Undeniably believe that which you stated. Your favorite reason seemed to be on the web the easiest thing to be aware
    of. I say to you, I certainly get irked while people consider worries that they just do
    not know about. You managed to hit the nail upon the top and defined
    out the whole thing without having side-effects , people
    can take a signal. Will probably be back to get more. Thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here