Diduga Tambang Emas Liar Di Sungai Umpu Mencemari Aliran Sungai Way Umpu Kabupaten Waykanan

0
192


BERITA INDONET.COM , Way Kanan : kecamatan Umpu semenguk berita Indonesia net.Tambang emas yang diduga tidak mengantongi izin atau ilegal hingga saat ini  masih melenggang beroperasi di aliran sungai kecamatan Umpu semenguk Kabupaten Way Kanan.


Bahkan limbah dari tambang emas tersebut telah mencemari sungai Way Umpu yang kini tidak bisa lagi digunakan masyarakat karena airnya menjadi warna kuning.
Dari pantauan media berita Indonesia net, (23/11/2020),ditemukan titik galian ilegal di sepanjang aliran sungai Way Umpu yang tidak tutup gali.


Mirisnya beberapa waktu lalu tambang emas yang dimiliki Yanto sudah pernah dua korban jiwa hingga meninggal dunia di lubang galian tambang emas.
Yanto merupakan warga Kampung Negeri Batin Km. 20 Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan. Dia tidak pernah jera untuk tidak melakukan penambangan liar, walau galian tambang ranah sudah pernah korban meninggal dunia karena tertimbun galian di lokasi nya.
Hal ini di benarkan oleh Hamzah, pemilik tambang ilegal yang berlokasi di Dusun Suban Kampung Negeri Batin Way Kanan saat di temui media di rumah kediamannya.
“Benar, kejadian dua korban meninggal karena tertimbun itu adalah anak buah Yanto. Dua orang itu paman dan ponakan. Tapi kabarnya sudah damai, kalau soal lain tanyakan langsung saja sama Yanto, ”ucapnya.
Kemudian, saat Tim media berita Indonesia meminta keterangan terkait legalitas perijinan penambangan tersebut, dengan lantang Hamzah mengatakan bahwa tidak ada surat izin.
“Kalau izin semua tambang emas di Way Kanan ini tidak ada yang memiliki izin, termasuk masyarakat di sini ada lima tidak ada yang punya izin,” ujuar nya.
“Kami minta dinas terkait dan APH segera mengecek keberadaan tambang-tambang pembohong disepanjang aliran sungai Way Umpu. Tolong dikaji keberadaannya serta dampak dari aktivitas pertambangan ilegal itu. Apalagi lokasi pertambangan sepertinya tidak pernah terjadi dampak besar masyarakat dan lingkungan, “ungkapnya. (Heriansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here