Calon Pasangan walikota Eva Dwiana Langgar Aturan Berkampanye

0
182

BERITAINDONET.COM , Lampung:Disaat Walikota Bandarlampung Herman HN mewanti-wanti semua pihak untuk mematuhi protokol kesehatan termasuk pasangan calon walikota dan calon wakil walikota dalam berkampanye. untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Bandar Lampung .

Poto:saat berkanpanye melebihi 50 orang

“Ironisnya, justeru istrinya sendiri yang merupakan calon walikota, Eva Dwiana telah melanggar aturan tersebut saat berkampanye.  di wilayah Telukbetung, jumlah peserta kampanye yang hadir melebihi 50 orang dan mengabaikan protokol kesehatan.

Sementara,Bawaslu akhirnya memberi peringatan keras kepada pasangan calon Walikota Bandarlampung  Eva Dwiana-Deddy Amrullah.Peringatan paslon itu disampaikan Ketua Bawaslu Bandarlampung Candrawansyah, Senin (29/9/2020).

Candrawansyah mengatakan, selain paslon Eva -Deddy yang mendapat peringatan, paslon walikota nomor. 2 Yusuf Kohar-Tulus juga diperingatkan. Paslon ini telah melanggar Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 13 tahun 2020 tentang protokol kesehatan.


“Kami sudah mempunyai bukti kedua paslon itu melanggar PKPU nomor. 13 tahun 2020. Atas pelanggaran tersebut Bawaslu sudah menegur paslon tersebut secara tertulis,” ujar Candrawansyah.

Pelanggaran yang dilakukan paslon No.2 dan No. 3 tersebut saat kampanye di wilayah Tanjungsenang dan Telukbetung Utara. Atas pelanggaran PKPU tersebut saat ini baru dikenai sanksi administrasi. Tapi kalau sanksi administrasi masih diabaikan maka ada sanksi yang lebih tegas.

Untuk itu, Ketua Bawaslu menghimbau kepada seluruh calon walikota untuk mematuhi aturan kampanye. Bawaslu akan terus melakukan pemantauan kepada semua calon pada kegiatan kampanye. Bawaslu Bandarlampung sebelumnya sudah menyampaikan surat kepada semua paslon agar mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan kampanye di musim pandemi Covid-19. (R1/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here