Ahok Figur Unik, Pendobrak, Sebagai Latar Penunjukan Komut Pertamina

1
15

BERITAINDONET.COM: Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang telah diangkat sebagai Komisaris Utama Pertamina dilatarbelakangi karakternya. Ia dikenal sebagai pioneer integritas, sehingga dirinya menerima jabatan yang dibutuhkan pada tubuh pertamina.     

Seperti yang banyak dilansir media, salah satunya mengutif penyampaian Direktur Eksekutif Refor Miner Institute Komaidi Notonegoro, menilai Ahok sebagai salah satu sosok figur yang unik. Diharapkan juga agar dalam jabatannya bisa berpengaruh luas dan berdampak.  “Semoga gaya kepemimpinan di dua Pemda sebelumnya dapat ditularkan di Pertamina,” kata Komaidi.

Dijelaskan Komaidi, bahwa level pimpinan puncak, karakter dan gaya kepemimpinan umumnya lebih dominan dalam menentukan keberhasilan organisasi dibandingkan penguasaan terhadap substansi. Namun, kurang tepat jika menilai saat ini, mengingat Ahok belum mulai bertugas. 

Karakter Ahok inilah yang melekat pada cara pandang Presiden Jokowi, sehingga Jokowi menunjuk Ahok untuk menjadi Komisaris Utama Pertamina. Keputusan tersebut diambil setelah Jokowi berdiskusi dengan Menteri BUMN Erick Thohir di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (22/11).

Atas koordinasi dengan Presiden, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan penunjukkan Ahok sebagai Komisaris Utama Pertamina karena dirinya merupakan sosok pendobrak. Diharapkan Lewat sosok Ahok, target-target Pertamina tercapai.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan dalam penyampaiannya ke awak media, menilai tugas Ahok ke depan sebagai Komisaris Utama Pertamina tidak lah mudah. Sesuai tufoksi Komisaris Utama sebagai perpanjangan tangan Pemerintah, sebagai pengawas Direksi perusahaan migas. (Redaksi/R1.1)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here