Upacara Pemberian Remisi Narapidana,Rutan kelasIIB Kota Agung Secara Virtual

0
13

BERITAINDONET.COM, Kota Agung : Dalam mempringati HUT RI 45 Kemerdekaan , bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Kota Agung, Karutan Kota Agung serta Jajaran mengikuti Upacara Pemberian Remisi Umum bagi Narapidana dan Anak secara virtual karena Pandemi COVID19. Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, kegiatan ini juga dihadiri Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani,SE,MM dan Wakil Bupati Tanggamus H. AM Syafi’i, S.Ag serta Jajaran Forkopimda Tanggamus. Upacara Pemberian remisi umum sendiri di pusatkan di Lapas Kelas IIA Mataram Nusa Tenggara Barat.(17/8/2020)

Karutan Kota Agung dalam laporannya menyampaikan bahwa pada Remisi Umum kali ini sebanyak 139 Warga Binaan Rutan mendapat remisi dengan besaran bervariasi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 97 orang mendapat remisi sebesar 1 bulan, 28 orang sebesar 2 bulan, 11 orang sebesar 3 bulan, 2 orang sebesar 4 bulan dan 6 bulan sebanyak 1 orang.

“Untuk tahun ini tidak ada yang masuk kategori Remisi Umum II atau langsung bebas, karena mereka yang pidananya ringan kebanyakan telah mendapat program asimilasi” . Terang Sobirin.

Lebih lanjut senada dengan Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga dalam keterangan tertulisnya, Karutan Kota Agung menjelaskan remisi diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari narapidana.

Sementara itu, Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kota Agung JM Prameswari menjelaskan bahwa untuk mendapatkan remisi umum, narapidana harus memenuhi syarat substantif dan administratif. Syarat substantif diantaranya narapidana harus berkelakuan baik minimal selama 6 bulan dibuktikan dengan tidak tercatat dalam buku register F.

Sedangkan syarat administratif adalah telah lengkapnya dokumen vonis dan eksekusi, artinya narapidana perkaranya telah mendapat kekuatan hukum tetap(R1/Riski)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here